Taylor Swift's songs

family's album

Jumat, 21 Mei 2010

Makanan - Makanan Khas Indonesia

1. Bika Ambon




Bika Ambon adalah sejenis kue asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan, Bika Ambon umumnya dijual dalam rasa pandan, meskipun kini tersedia pula rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, cokelat.

Asal muasal Bika Ambon tidak diketahui jelas. Meskipun namanya mengandung kata "Ambon", Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan. Di Medan, Jalan Mojopahit di Medan Petisah merupakan kawasan penjualan Bika Ambon yang paling terkenal. Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini.

Bika Ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar 4 hari, karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.


2. Pempek



Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.


3. Soto Betawi



Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan soto sulung, Soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, penis, dan juga hati.












4. Batagor




Batagor adalah makanan khas dari Bandung. Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu goreng, dengan bahan dasar nya yang terbuat dari tahu putih yang kemudian diberi adonan ikan tenggiri, udang dan tapioka, disajikan panas-panas, dengan bumbu kacang yang sangat pedas dan kecap manis kental dan biasanya di berikan perasan jeruk nipis.

Awal-awalnya, penjualan batagor dimulai di daerah kopo oleh bapak Isan pada tahun 1973, sehingga terkenal dengan Batagor Isan, kemudian beberapa tahun kemudian pengusaha batagor ini semakin banyak, bahkan ada rumah makan yang khusus mengandalkan hidangannya adalah Batagor. Akhir akhir ini hampir di setiap tempat jajanan ( foodcourt ) tersedia batagor.

0 komentar:

Posting Komentar

trip observation Album

Template by:
Free Blog Templates